Minggu, 10 Februari 2013

Kenali Diri Anda



Acap kali manusia di bumi ini yang memiliki kesamaan. Entah dari sudut pandang manapun, pasti ada satu ataupun lebih yang menyerupai. Dan kali ini, saya akan mencoba memberikan gambaran tentang tipe – tipe orang. Diulas dari faktor intern dan sikap yang dimiliki seseorang. Mungkin bermanfaat bagi Anda yang sedang “GALAU” memikirkan jurusan di tingkat selanjutnya.

1.      Tipe Tahu dan Tahu    ( T – T )

Minoritas manusia yang memiliki tipe seperti ini, Mungkin hanya orang – orang yang sudah banyak makan asam garam. Mereka tahu tentang bakat dan ketrampilan yang mereka miliki. Dan mereka tahu dimana harusnya meletakkan dirinya di tempat yang proporsional. Beruntung punya tipe seperti ini karena mereka akan merasa nyaman dalam menjalani setiap pekerjaan.

2.      Tipe Tahu dan Tidak ( T – Tidak )

Banyak orang yang memiliki tipe seperti ini. Mereka tahu apa yang mereka miliki. Akan tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk meletakkan dirinnya di tempat yang paling nyaman menurutnya. Tipe ini banyak dialami oleh ABG – Anak Baru Gede -Labil yang masih perlu adanya bimbingan dan dorongan. Sehingga mereka tahu, tempat yang pantas ia tempati.

3.       Tipe Tidak dan Tahu ( Tidak – Tahu )

Untuk tipe yang satu ini, cukup berbahaya bagi yang memiliki. Mengapa  ? Karena mereka tidak mengetahui apa yang mereka punyai. Tapi mereka mengerti dimana mereka meletakkan dirinya. Sebenarnya cukup aneh, mereka tidak memiliki ketrampilan atau bakat tetapi mereka tahu dimana meletakkkan dirinya. Mungkin lebih banyak mendapat tekanan dari faktor ekstern, misalnya dari teman sebaya ataupun lingkungannya. Hal ini juga sering dialami oleh para remaja. Dan hasilnyapun juga masih tanda tanya. Apakah mereka akan berhasil ataupun tidak. ?

4.      Tipe Tidak dan Tidak (Tidak – Tidak )

Tipe ini lebih berbahaya dari tipe yang ketiga. Sudah tidak mengetahui bakat dan ketrampilan, mereka juga tidak meletakkan dirinya di tempat yang sesuai dan nayaman bagi mereka. Kalupun mereka berani meletakkan dirinya di tempat yang mereka mau, mereka harus bertawakal seextra mungkin.

      Kita sebagi manusia memiliki banyak keterbatasan. Sangat diperlukan interaksi antar manusia dengan manusia yang lainnya. Dengan demikian, kita akan mengetahui dimanakah kita harusnya meletakkan diri kita dengan tepat dan akan menguntungkan bagi kita. Tentunya dibarengi dengan cara menghisab diri kita, meperhitungkan diri kita dengan hati, dan selalu berdo’a untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT.


0 komentar:

Posting Komentar